what are you looking for?

Kamis, 24 Maret 2016

Batman v Superman: Dawn of Justice; Black and Blue, Fight Night!

credit by Google

Happy Easter. Selamat Hari Paskah.
Hari yang ditunggu telah tiba. Akhirnya pula gue bisa nonton superhero kesukaan gue, Superman di hari pertama perilisannya di Indonesia! Gue bela-belain pulang kerja mejeng di bioskop, sama adek gue juga yang langsung seabis pulang sekolah *haha niat* Setiap bioskop di Tangerang penuh semua. Gue kira hari pertama yang notabene masih weekday bakal sepi gak taunya bejibun kayak antri sembako. Gmana gak rame promosi dari film Batman v Superman ini gencar banget, makanya antusiasme-nya juga top!
Secara garis besar satu alasan kenapa di film ini Batman nyerang Superman itu gegara gedung milik Bruce Wayne hancur pas event di film Man of Steel. Oke buat yang masih newbie gue kasih tau Batman itu sama dengan Bruce Wayne dan Superman sama dengan Clark Kent, klo di istilah kerennya mah alter ego. Oh yes blum lagi pegawai kesayangan Bruce, si Jack mati di dalem gedung yang ikut roboh. Bruce kan kzl bukan maen dan parahnya dia ngeliat orang yang ngehancurin gedungnya berwarna biru, berjubah merah dan matanya menyala-nyala. That is Superman! Bruce dengan rasa gondok berlebihan berniat harus menghabisi Superman seorang diri.
(mengandung spoiler) 

 
credit by Youtube

" And now you will fly to him, and you will battle him to the death. Black and blue. Fight night. The greatest gladiator match in the history of the world: God versus man; day versus night; Son of Krypton versus Bat of Gotham! " - Lex Luthor

Disisi lain Superman juga harus menerima dirinya di cerca manusia Bumi. Ketika Superman menolong kekasihnya Lois Lane di gurun Sahara dalam penyanderaan, dia terlihat seperti menghancurkan desa-desa di sekelilingnya serta membunuh semua orang disana. Seluruh dewan Amerika bersidang bahwa Superman bertindak atas dasar keinginannya sendiri dan bukan berdasar pada pemerintah Amerika; ini sumpah Amerika maksud banget mau nyuruh-nyuruh seorang dewa hmm. Blum lagi pas Superman dateng sidang, gedung tempat sidangnya meledak. Terjadilah perlawanan rakyat Amerika terhadap Superman.
Diawal alur ceritanya berjalan agak lambat. Kita dibuat mengenal sedikit demi sedikit siapa Bruce Wayne dengan kekayaannya, Clark Kent dengan pekerjaannya di Daily Planet dan kehidupan dengan orang tuanya, bagaimana Lois diceritakan berhasil membuktikan bahwa penyerangan di Sahara dan gedung sidang adalah akibat dari Lex Luthor, serta bagaimana kehidupan villain kita, Lex Luthor yang adalah seorang kutu buku yang menyakinkan pemerintah Amerika bahwa Superman adalah iblis yang harus dibasmi.

credit by Google

Gue ceritain sedikit tentang Lex Luthor. Doi itu orang kaya. Seperti Bruce Wayne dia mewarisi kekayaan dari orang tuanya. Penyumbang buku nomer satu di perpustakaan umum Amerika yang berarti dia adalah kutu buku. Suatu saat dia berhasil mendengar info kalo ditemukan bongkahan batu di sekitar daerah Samudera Hindia; gue berharap itu Indonesia! Batu itu ternyata adalah sisa Kryptonite lama. Lex meminta Senator Finch untuk memperbolehkannya mengimpor batu itu tapi ditolak. Dengan berbagai cara akhirnya dia dapet juga itu batu. Lex juga memprovokasi Superman biar namanya jelek di depan penduduk Amerika. Pokoknya jahat deh.

Ini langsung ke battle pamungkas aja deh. Batman berhasil melawan Superman seperti pada judulnya. Sebenernya Superman gak mau berantem sama Batman tapi dia harus karena ibunya di sandera Lex Luthor. Lex meminta pertukaran ibunya dengan kepala Batman. Berantemnya bentaran doang. Superman akhirnya bisa berdarah seperti apa yang ditanyakan Batman kepadanya. Superman udah loyo-loyo setelah menghirup gas Kryptonite. Batman ingin membunuh Superman dengan tombak Kryptonite buatannya tapi berhasil digagalkan karena Lois Lane datang dan memberitahu bahwa ibu Superman disandera.
Batman berjanji pada Superman akan menyelamatkan ibunya. Berhasilah dia. Superman yang udah pulih mendatangi Lex Luthor di sebuah gedung tempat kapal rusak bangsa Kryptonian berada. Ternyata selama ini Lex sengaja mengulur waktu agar Superman sibuk dengan Batman guna membangkitkan monster kuno planet Kryptonian; btw di comic namanya Doomsday. Monsternya terus mengamuk-ngamuk. Superman ngebawa monster kadal jelek ini ke luar angkasa. Pemerintah Amerika menembak mereka dengan nuklir. Meledaklah mereka di angkasa, namun si monster kadal jelek ini berhasil terjatuh lagi ke Bumi dan bertambah kuat. Naas Superman kena nuklir etapi hidup lagi.
Batman lalu mengiring monster kadal jelek ini ke Gotham karena di sana Batman punya tombak Kryptonite yang mau buat bunuh Superman. Hiruk pikuk ceritanya hingga Batman lemah dan diserang oleh mata laser si monster; LASER wkwkwk. Datanglah Wonder Woman membantu. Cerita berlanjut ke tiga lawan satu, Superman Batman Wonder Woman v monster kadal jelek! Bertarung, bertarung, bertarung. Superman lalu menemukan tombak Kryptonite dengan bantuan Lois Lane. Monster kadal jelek di-lasso oleh Wonder Woman, ditembak gas Kryptonite oleh Batman dan ditusuk perutnya sama tombak Kryptonite oleh Superman. Robohlah tubuh si Monster jelek itu. Tapi ada tokoh sentral yang mati :(

credit by Google

The Facts
  • Nama ibu Superman/ Clark Kent dan nama ibu Batman/ Bruce Wayne adalah sama-sama Martha. Ini terungkap saat Superman lemes dan hampir mau mati ditusuk tombak Kryptonite oleh Batman. Dimana Superman memohon-mohon agar Martha diselamatkan. Batman udah baper aja tuh kenapa ini dewa lemah tau nama ibunya ngggg... Lois datang dan bilang Martha adalah nama ibu Superman.
  • Kita tau ibu Bruce Wayne adalah Martha yang mati ditusuk oleh seorang penjambret di jalanan. Ayah Bruce juga ditusuk. Si Martha ini lahir pada tahun 1946 dan meninggal tahun 1981.
  • Ayah dari Lex Luthor lahir di Jerman Timur.
  • Gedung sidang yang meledak adalah ulah dari Wallace Keefe, mantan satpam karyawan Wayne Enterprises yang saat gedung roboh ditolong Bruce yang kakinya kegencet. Dia disuruh oleh Lex Luthor. Menaruh bom di kursi rodanya. Semua yang hadir mati seketika termasuk Senator Finch. Sebelumnya Wallace coret-coret monumen Superman lalu di penjara dan dibebaskan oleh Lex Luthor.
  • Bruce menyelediki bahwa kejadian di gurun Sahara pasti berhubungan dengan sesuatu. Orang Rusia kepada Portugis putih. Orang Rusia disini bernama Anatoli Knyazev. Itu loh orang yang di lehernya ada tatonya. Si Anatoli ini mati dibunuh oleh Batman pas lagi menyandera Martha, ibunya Superman. Portugis putih ini adalah "White Portuguese" nama sebuah kapal yang digunakan Lex Luthor untuk membawa bongkahan batu Kryptonite.
  • Pas lagi mengunduh data dari Lex Corp., Bruce sempet tertidur dan mimpi tentang Superman, serangan makhluk terbang dan munculnya seseorang berbaju merah. Serangan makhluk terbang itu bukanlah pasukan army-nya Batman seperti kata para DClicious melainkan anak buah Superman di mimpi. Seseorang berbaju merah yang muncul di mimpi kemungkinan adalah The Flash membawa peringatan.
  • Saat flash disk curian data Lex Corp. sudah dikembalikan, Bruce menjalankan programnya. Dan di folder manusia super dia menemukan empat manusia yang memiliki kekuatan. Satu cewek dan tiga cowok. Yap keempatnya adalah Wonder Woman, The Flash, Aquaman dan Cyborg. Sayangnya Green Lantern gak ada datanya, oh mungkin Green Lantern lagi nyamar jadi superhero di film sebelah..
  • Diliatin Wonder Woman adalah cewek yang dateng pas ada acara di kediaman Lex Luthor. Dia juga yang nyuri flash disk milik Bruce Wayne. The Flash diliatin lagi ada di supermarket dan menyerang pencuri. Aquaman diliatin lagi di dalem gua bawah laut atau bekas kapal. Cyborg diliatin lagi bereksperimen dengan seorang manusia menggunakan mesin-mesin.
  • Wonder Woman punya nama asli Diana Prince; entah kenapa dia milih Prince bukan Princess, takut nyaingin Syahrini kali ya. Didalam program Lex Corp. terlihat dia ada di foto yang bertuliskan Belgia tahun 1918; berarti dia tua kan ya hmmm. Sebenernya saat Superman ngelawan monster kadal jelek si Prince ini mau naik pesawat dan pergi dari Amerika, kemungkinan karena Bruce Wayne udah tau dia manusia super. Tiba-tiba aja dia turun dari pesawat dan ikut bertempur. Ah gila sadis banget, udah guling-gulingan badannya gak kena debu sedikit pun. Pokoknya +182 deh buat Wonder Woman. Tahun 2017 bakal ada film tentang Wonder Woman.
  • Superman hampir mati dua kali. Pertama saat Batman akan menusuknya dengan tombak Kryptonite. Kedua saat membawa Doomsday ke luar angkasa dan terkena nuklir. Namun nasib berkata lain..
  • Si monster kadal jelek "Doomsday" adalah jelmaan dari tubuh Jendral Zod yang sudah mati dan dimasukin ke dalam kepompong untuk beregenerasi oleh Lex Luthor. 
  • Alur waktu pas Batman melawan Superman adalah 18 bulan setelah event Man of Steel dan hancurnya gedung Wayne Enterprises. Antara Metropolis dan Gotham.
  • Appetizer film Batman v Superman dibuka dengan pemakaman dari orang tua Bruce Wayne. Bahkan diliatin juga Bruce kecil jatoh ke dalam lubang yang banyak kelelawarnya. Desertnya sendiri juga adalah pemakaman seorang tokoh sentral :(

credit by Google

" Tell me. Do you bleed? " - Batman

Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Sebenernya gue bimbang film Batman v Superman ini bagus atau biasa aja, Outstanding atau Exceeds Expectations. Dari alur cerita yang jalannya lambat, penampilan Lex Luthor yang kurang greget dan kurang serunya Batman berantem sama Superman harusnya Exceeds Expectations. Tapi saat liat The Trinity (Superman, Batman, Wonder Woman) melawan monster kadal jelek dan betapa badass-nya Wonder Women tetep gue kasih Exceeds Expectations wkwkwk.

Menurut gue ada tuh scene yang seperti menyinggung Marvel, ketika pemerintah mau meluncurkan nuklir, salah satu pegawai bilang bahwa monster itu tidak bisa ditembak dengan peluru ntar bikin dia tambah kuat. Ini seperti menyinggung Pietro Maximoff yang mati ditembak sama peluru di Avengers: Age of Ultron. Yang masih gue tanyain kenapa Wonder Woman gak ngehapus datanya di dalem flash disk milik Bruce sebelum dikembalikan? Gara-gara itu kan Bruce jadi tau dia punya kekuatan super hmmm. Fyi gak ada credits scene di film ini!!
Rekomendasi buat ditonton bersama keluarga. Oiya gue blum ngasih tau siapa tokoh sentral yang meninggal ya? Hayo tebak siapa? Superman, Batman, Lex Luthor atau Wonder Woman? Ini cius mau tau? Oke gue kasih tau..

*SPOILER*
*SPOILER*
*SPOILER*
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Yang mati adalah...
.
*SPOILER*
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
SUPERMAN!
Superman Die! Superman Dead! Superman Died!!
Superman mati! Superman telah tewas!

credit by Twitter

Diakhir film kita bakal ngeliat Superman mati mengenaskan karena dia dengan suka rela menusukkan tombak Kryptonite ke tubuh si monster kadal jelek. Superman juga tahu bahwa apapun yang berhubungan dengan Kryptonite akan melemahkan dan bahkan membunuhnya. Si monster kadal mencengkram tubuh Superman agar ikut mati bersamanya. Gue sebagai fans sejati Superman rada gak ikhlas :(
Lex Luthor hanya dipenjara. Batman dan Wonder Woman turut hadir dalam pemakaman keluarga Kent. Jadi ceritanya ada dua pemakaman. Pemerintah Amerika mengadakan pemakaman untuk Superman, tapi kata dari Bruce Wayne mereka hanya menguburkan peti kosong wkwk.
Tapi adegan terakhir diliatin Lois Lane melempar segenggam tanah, tapi pas masuk ke dalem peti mati terlihat tanahnya pada terbang. Pasti Superman hidup lagi wkwkwk yakali dewa mati, Superman bisa hidup lagi klo kena sinar matahari. Apalagi Bruce bilang ke Wonder Woman klo dia bakal ngumpulin semua orang yang punya kekuatan super agar bersatu. Justice League.

credit by Google

time flight