what are you looking for?

Sabtu, 16 Desember 2017

Star Wars: The Last Jedi, Sebuah Harapan Terakhir Bagi Kemenangan Republic


credit by Google

Bulan Desember bisa dikatakan sebagai bulannya Star Wars pada era baru. Film yang menceritakan perang besar antara Resistance melawan First Order ini sudah dipatenkan oleh pihak Disney akan selalu dirilis dalam mengisi momen-momen kebersamaan keluarga di setiap penghujung tahun. Telah dimulai 2015 silam, trilogi beserta spin-off-nya akan dijadwalkan berakhir di tahun 2019, itu berarti terhitung masih sekitar dua tahun lagi film-filmnya dapat eksis di layar bioskop. Tahun ini dirilis dengan judul Star Wars: The Last Jedi, filmnya masih berkutat tentang Resistance generasi terakhir yang harus mati-matian menghindar dari kejaran armada First Order demi menjaga cita-cita Republic agar tetap bertumbuh. Banyak di antara mereka yang telah kehilangan anggota keluarga maupun tewas dalam pertempuran. Di sisi lain, master Jedi terakhir harus membuat keputusan antara melatih seorang Jedi baru atau menghapuskan Jedi Order dari keadaan. Hal ini tidaklah mudah, sebab kekuatan jahat akan semakin bertambah kuat di seluruh galaksi.
(mengandung spoiler dosis besar)

"You are no Vader. You are just a child in a mask." - Supreme Leader Snoke
credit by Youtube


Bagaimanakah plot The Last Jedi?

Prolog. Pada opening crawl dijelaskan jika First Order kembali meneror kedamaian Republic dibawah pimpinan Supreme Leader Snoke dengan satu tujuan pasti yakni menguasai seluruh galaksi. Hanya pasukan Resistance pimpinan General Leia Organa yang masih setia melawan tirani, serta kembalinya master Luke Skywalker yang dinyana banyak orang akan kembali menumbuhkan asa bagi kemenangan Republic. Armada Resistance kini makin bertindak secara terang-terangan yang membuat kapal-kapal First Order balik memburu mereka semua...
Kebulatan tekad. Kapal-kapal penjelajah Resistance mulai kewalahan menerima serangan dari armada besar First Order. Poe Dameron mencoba mengakali keadaan dengan melemahkan kapal penghancur Dreadnought milik musuh. Kapal tersebut berhasil dihancurkan meski pihak Resistance kehilangan banyak anggotanya. Di tempat lain, Rey menemui Luke Skywalker guna mengajarinya berlatih kekuatan force. Tak disangka, sang master menolak untuk mengajari Rey apapun yang diketahuinya tentang Jedi Order.
Keputusasaan. Supreme Leader Snoke amat berterima kasih kepada General Hux atas kesetiaannya selama ini. Hal buruk malah menimpa Kylo Ren. Dirinya sangat dianggap tidak berkompeten. Kylo turun tangan dengan menyerang kapal penjelajah utama Resistance menggunakan TIE. Menghancurkan bagian pusat kendali dan membunuh orang-orang di dalamnya, termasuk General Leia Organa. Beruntung saja Leia masih terhubung ke area gravitasi kapal penjelajah dan terselamatkan. Lainnya, meski Luke telah mau mengajari Rey pada pelajaran pertama, dirinya masih saja tidak mempercayai kekuatan Rey yang dengan mudahnya terpancing panggilan dark side.

Kembalinya harapan. Armada besar First Order masih saja menembaki kapal-kapal penjelajah milik Resistance yang sudah tidak dapat lagi melakukan perjalanan cahaya. Hal itu berhubungan dengan penyadapan yang dilakukan musuh kepada kapal-kapal pemberontak. Finn, BB-8 dan Rose memiliki ide untuk membalikkan keadaan. Ketiganya berinisiatif memasuki kapal penjelajah utama First Order, tempat Snoke berada dan melumpuhkannya dari ruang kendali. Terdapat satu masalah pelik. Finn, BB-8 dan Rose tidak mengetahui cara memanipulasi kode kuncinya. Berkat pertolongan dari Maz Kanata, mereka segera menemui seorang pengurai kode di Canto Bight. Terakhir diketahui, ketiganya diselamatkan oleh DJ yang kebetulan mengerti tentang seluk-beluk pemrograman.
Dalam ketiadaan Leia yang sekarat, Resistance terpaksa mengangkat Laksamana Amilyn Holdo untuk memimpin. Holdo membuat keputusan yang tidak membawa kebaikan bagi keseluruhan Resistance. Dia membuat kapal penjelajah utama tetap berjalan sebagaimana mestinya tanpa melihat keadaan bahan bakar yang makin menipis. Poe dan beberapa orang di ruang kendali melakukan sedikit pemberontakan.
Pelajaran kedua dimulai Rey yang kini memenangkan hati Luke. Rey diajari bagaimana Jedi Order hanyalah berisi kegagalan. Perempuan tersebut sedikit membuat Luke terpesona akan kekuatan force yang dimilikinya. Tak disangka, Rey dan Kylo menjalin hubungan satu arah yang membahayakan. Luke meminta Rey untuk segera meninggalkan planet. Dalam prosesnya, Kylo menculik Rey dan membawanya ke hadapan Snoke.

Pelarian. Team dari Canto Bight mendarat di ruang kendali kapal utama First Order. Dalam penyamaran, DJ mulai melakukan keahliannya memanipulasi sistem. Mereka gagal dalam misi karena tertangkap dan harus menerima konsekuensinya. General Hux dan Captain Phasma menerima perintah langsung agar mengenyahkan para penyusup. DJ kemudian mengkhianati teman-temannya dengan menjual sebuah informasi kepada First Order.
Holdo yang dinilai tidak berkompeten ternyata diam-diam memikirkan cara agar anggota Resistance dapat pergi ke planet terdekat. Dia sengaja membuat kapal penjelajah utama berjalan tanpa arah demi tujuan lain yaitu mengisi kapal-kapal transportasi dengan bahan bakar. Poe dan team pembelotnya berhasil dilemahkan oleh Leia sendiri yang tiba-tiba tersadar. Holdo meminta untuk tinggal sementara semua orang menaiki kapal-kapal transportasi menuju planet Crait. Naas, First Order mengetahui strategi yang digunakan Resistance. Mereka menembaki kapal transportasi satu persatu meski dalam mode penyamaran. Holdo membuat kapal penjelajah melakukan perjalanan cahaya dan serta merta menabrakannya dengan kapal utama First Order.
Selama terjadi kekacauan, Finn dapat mengenyahkan Captain Phasma yang membuatnya mati terjatuh ke dalam ledakan. Finn, BB-8 dan Rose menuju planet Crait.
Rey yang tersiksa hampir sekarat di tangan Snoke. Kylo pun mengkhianati tuannya sendiri. Dia menteleportasi kekuatan force pada light saber milik Rey. Light saber ini membunuh Snoke seketika dan membuat tubuhnya terbelah dua. Kylo dan Rey kemudian bersama mengenyahkan anak buah Snoke. Ketika kapal terguncang, Kylo sekali lagi harus kehilangan Rey yang menolak bekerja sama dengannya demi tujuan jahat.

Pertempuran Crait. Kylo mendeklarasikan diri sebagai Supreme Leader yang baru. Dia membuat keputusan agar mengejar para Resistance ke planet Crait. Kapal-kapal transportasi Resistance tiba di ruang komando lama milik anggota Rebel. Mereka menyusun strategi untuk melindungi diri. Ketika tiba saatnya pertarungan darat, pihak Resistance terbantu dengan kedatangan Millenium Falcon yang dikendarai Chewbacca dan Rey. Luke juga tiba di planet Crait dan menantang Kylo berduel. Fin berhasil diselamatkan oleh Rose sebelum mesin penghancur milik First Order sempat membunuhnya. Luke dan Kylo beradu kekuatan siapa yang lebih kuat. Di area belakang goa komando, Millenium Falcon menyelamatkan seluruh anggota Resistance yang tersisa. Kylo merasa terpukul karena yang dilawannya hanyalah manifestasi roh milik Luke. Sesungguhnya Luke yang asli masih berada di planet tempatnya berada. Perasaan Kylo sangat terluka. Luke Skywalker menemui kematian dengan menyatukan rohnya pada keseimbangan force. Rey memiliki dua buah light saber dan merasa kehilangan atas kepergian Luke.

credit by Google


Spoiler, bocoran dan easter eggs lain?

  • Luke Skywalker tinggal di sebuah planet bernama Ahch-To selama enam tahun masa persembunyiannya. Planet tersebut berisikan lautan luas yang membentang di sepenjuru wilayahnya. Dahulu terdapat kuil Jedi pertama di bagian perbukitan yang dijaga oleh para Caretakers. Terdapat pula beberapa makhluk hidup lain di sini, antaranya Porgs (sejenis burung puffin kecil yang lucu), sejenis ikan maha besar dan jenis singa laut berputing empat yang dapat diperah susunya. Singa laut ini mirip sekali dengan sapi namun memiliki susu berwarna biru.
  • Kylo Ren mulanya bernama Ben Solo, karena memang dia merupakan anak Han Solo dan General Leia Organa. Diceritakan bersama dengan sembilan anak lain, dirinya dikirim menemui Luke guna berlatih keterampilan force. Menurut perkataan Luke, Kylo memiliki sisi gelap yang sangatlah banyak. Suatu malam Luke hampir saja membunuh Kylo dalam tidurnya, namun diurungkan. Naas, Kylo telah melihat tindakan yang hampir dilakukan gurunya. Sisi gelap force merasuki pikiran bakal Jedi tersebut. Kylo membakar Kuil Jedi secara membabi buta dan menghilang. Belakangan diketahui jika anak didik Luke ini berpaling kepada Snoke yang kemudian menanamkan rasa kebencian padanya.
  • Rose Tico memiliki saudari perempuan bernama Paige yang telah mati dalam misi penghancuran Dreadnought. Keduanya memiliki kalung berbentuk bulan separuh yang terbuat dari logam Haysian. Kemungkinan besar pula Haysian merupakan nama planet tempat keduanya berasal. Rose sendiri adalah seorang teknisi mesin di bagian pengurusan pipa. Di akhir film, dia terlihat tergabung bersama Leia, Poe dan Finn memimpin anggota Resistance.
  • Orang tua Rey merupakan seorang pengumpul barang rongsokan lama di planet Jakku. Kylo mengatakan jika keduanya tak segan menukarkan bayi Rey dengan sebotol minuman keras. Tidak diketahui dengan jelas bagaimana Kylo mengetahui asal usul orang tua dari Rey. Dalam suatu adegan, Rey hampir saja bertemu kedua orang tuanya saat memasuki sisi gelap force. Apakah Kylo Ren dan Rey masih berhubungan saudara?
  • Laksamana Amilyn Holdo diangkat menjadi pemimpin Resistance setelah sebelumnya berstatus sebagai ketua laksamana sesuai garis jabatan. Di awal film, perempuan ini diceritakan mengomandoi kapal Ninka dari evakuasi planet D’Qar. Holdo berasal dari planet Gatalenta dan sudah lama berteman baik dengan Leia. Holdo membuat kebijakan yang semata-mata merugikan namun banyak menyelamatkan Resistance. Holdo mati dalam kapal penjelajah utama Raddus yang menabrakkan diri ke kapal penjelajah First Order.
  • Luke Skywalker mati setelah menantang langsung Kylo di planet Crait. Luke terlihat melakukan astral projection. Dia hanya mengirimkan manifestasi rohnya dari planet Ahch-To. Hal ini sebenarnya sudah terlihat ketika Luke berjalan melewati daratan Crait tanpa meninggalkan jejak merah di tanah. Luke kemudian benar-benar mati dengan membuat rohnya menyatu pada keseimbangan force, persis seperti yang dilakukan master Yoda.
  • Roh master Yoda muncul guna menasehati Luke apa yang harus dilakukannya pada Jedi Order. Roh Yoda kemudian membakar habis pohon tempat naskah Jedi berada.
  • Naskah Jedi tersimpan aman dalam sebuah laci pada Millenium Falcon. Kemungkinan besar Rey telah mencurinya.
  • Canto Bight merupakan salah satu kota yang berada di planet Cantonica. Berisikan banyak kasino dan jalur-jalur trek tempat diselenggarakannya lomba lari Fathier. Dari kenampakannya, Fathier merupakan sejenis binatang secepat kuda namun memiliki tubuh seperti domba.
  • Planet Crait merupakan markas lama anggota Rebel Alliance. Planet ini diceritakan kaya sekali akan mineral yang dikandungnya. Daratan Crait berwarna merah dan ditutupi garam layaknya salju. Fauna di planet ini disebut Vulptex, semacam rubah yang memiliki bulu secemerlang kristal.
  • Jedi Order adalah organisasi kuno yang didirikan sebagai dasar pengenalan force. Orang-orang yang tergabung dalam organisasi ini biasanya akan dilatih menjadi Jedi. Terdapat banyak struktural di dalamnya. Markas besarnya berada di planet Coruscant. Kuil-kuil Jedi banyak terdapat di Ahch-To, Ilum, Lothal, Tython dan Vrogas.
  • Pengurai kode yang dimaksud Maz Kanata bukanlah DJ melainkan seseorang yang benar-benar menggunakan plum bloom merah di kerah baju. Dia terlihat bersama dua perempuan di saat Finn dan Rose ditangkap polisi Canto Bight. Maz Kanata memberi petunjuk jika pengurai kode ini adalah petaruh besar kasino dan seorang penyair dengan pistol laser.
  • DJ atau Don't Join bukanlah pengurai kode yang dicari Finn dan Rose. Dia hanya membantu keduanya karena merasa mendengar kata pelarian. Di babak akhir, DJ menjual informasi penting kepada First Order dengan tawaran sebuah kapal. Informasi tersebut diketahui adalah rencana anggota Resistance yang menggunakan kapal-kapal transportasi untuk berlindung ke planet Crait.
  • Rey dan Leia masih terhubung satu sama lain menggunakan cincin yang disebut suar binari. Cincin tersebut mengirimkan sinyal-sinyal yang mengindikasikan lokasi keduanya.
  • Dadu emas milik Han Solo terlihat saat Rey memberikannya kepada Luke, juga ketika Luke memberikannya lagi kepada Leia. Kylo sempat menemukan dadu emas ini terjatuh di goa, namun menghilang seketika. Dadu emas milik Han dulunya selalu berada di ruang komando Millennium Falcon.
  • Kapal penjelajah utama milik Resistance dinamai Raddus, sedangkan kapal penjelajah utama milik First Order dinamai Supremacy. 
  • Supreme Leader Snoke mati setelah tubuhnya tertusuk pedang light saber milik Rey yang berada disampingnya. Insiden tersebut membuat tubuhnya terbelah dua. Kylo Ren adalah orang yang menyebabkannya mati.
  • Captain Phasma mati setelah tubuhnya dijungkalkan oleh Finn. Tubuh Phasma terjatuh ke dalam area ledakan di tengah kapal penjelajah. Naas memang, pemimpin Stormtroopers harus mati ditangan anak buahnya sendiri.
  • Anggota Resistance utama yang diceritakan eksis di film ini antara lain General Leia Organa, Laksama Amilyn Holdo (mati bersama kapal Raddus yang menabrakkan diri), Laksamana Ackbar (mati terlempar dari ruang komando), Letnan Connix, Nien Numb, Rey, Finn, Poe Dameron, Chewbacca, Rose Tico, Laksama Amilyn Holdo dan Letnan Connix.
  • Anggota First Order utama yang diceritakan eksis di film ini antara lain Supreme Leader Snoke, General Hux, Kylo Ren, Captain Phasma, Captain Canady (mati terbunuh di kapal Supremacy) and Captain Peavey (mati terbunuh di kapal Supremacy).
  • Droid-droid yang diceritakan eksis di film ini antara lain R2-D2 (dalam pengawasan Resistance), C-3PO (dalam pengawasan Resistance), BB-8 (menjelajah Canto Bight bersama Finn dan Rose), serta BB-9E (kembaran BB-8 berwarna hitam yang melayani First Order).
  • Di penghujung film terlihat seorang anak pengurus Fathier di Canto Bight menggunakan force untuk mengambil sapu. Lelaki ini sebelumnya telah mendengar kisah yang diceritakan oleh temannya tentang Luke Skywalker. Setelah keluar dari pintu, anak ini memandang ke langit sambil memikirkan sesuatu. Apakah ini pertanda masa depan Jedi?


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

The Last Jedi merupakan sebuah film yang lebih mengedepankan konflik antar manusia per manusia dibandingkan arti dari kata perang bintang itu sendiri. Kita bisa dengan mudah merasakan konflik yang dialami Luke Skywalker dengan pilihannya tentang Jedi Order ataupun konflik pada diri Kylo Ren yang harus memilih di antara sisi baik ataupun sisi buruk. The Last Jedi dapat disebut film yang baik, namun bukanlah yang terbaik. Munculnya kalimat In loving memory of our princess, Carrie Fisher. membeberkan bukti jika film ini dipersembahkan langsung bagi mendiang Carrie Fisher.
Tidak ada after credit tambahan. Ada yang melihat di mana Pangeran William, Pangeran Harry dan Tom Hardy?


Baca pula review gue tentang Star Wars: The Force Awakens dan Rogue One: A Star Wars Story
Next :  Insidious: The Last Key

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight